Berikan Masukan Buat Kami

Kamis, 08 Maret 2012

profil


PUSAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) AL-FAJAR

I.       Pendahuluan

Setiap anak sekolah adalah individu yang unik yang memiliki potensi-potensi terpendam yang dapat digali dan dikembangkan. Anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Usia dini merupakan "usia emas" bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapat pendidikan yang tepat, maka ia memperoleh kesiapan belajar yang baik yang merupakan salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajarnya pada jenjang berikutnya.
Oleh karena itu Pendidikan anak usia dini perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak, baik dari keluarga, lingkungan maupun pemerintah. Karena bagaimanapun, masa kanak-kanak sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang karakter, kepribadian dan pertumbuhan jasmani si anak. Merujuk pada Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan Anak Usia Dini (RPP PAUD) yang mengatur pendidikan usia dini salah satunya bertujuan untuk mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial peserta didik pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.
Dan sebagai wujud kecintaan dan kepedulian terhadap dunia pendidikan anak-anak, maka didirikanlah wadah kiprahnya anak-anak yang terpadu & terintegrasi dalam satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al-Fajar di Desa Tegalwangi Kecamatan Menes, dibawah naungan Lembaga Pendidikan Bina Danikaya (BINAYA). Penyelenggaraan PAUD di Al-Fajar bersifat SOSIAL (Non Profit) dengan sasaran anak-anak usia dini dari keluarga kelas sosial Menengah ke Bawah.
II.    Visi dan Misi
Visi :
Terciptanya anak-anak yang cerdas, terampil, unggul dan bertaqwa
Misi :
1.      Mendidik anak-anak supaya berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur
2.      Mempersiapkan anak-anak untuk masuk jenjang sekolah yang lebih tinggi
3.      Mengembangkan potensi anak agar menjadi anak yang berguna bagi sesama dan bangsa
MOTTO  : AKTIF, KREATIF DAN BERAKHLAK
III.       Susunan Kepengurusan
Pembina
Ketua

:
:

Lembaga Pendidikan BINA DANIKAYA
Hisyam Suhesa, S.T., M.M.
Penasehat/Pembina
:
Ir.Dadan Wardhana HS, M.Si
Fabian Bachtiar, BBA
Dra. Fajar Naimah

Penyelenggara
Ketua
Sekretaris
Bendahara      


:
:
:

Hisyam Suhesa, S.T., M.M
 Ahmad Sutomo
 Dice Fadiasari

Kepala Sekolah           :  Dice Fadiasari
Tenaga Pengajar/Staf  :  
1.      Dice fadiasari
2.      Nurhayati
3.      Leni Marini
4.      Hani'ah
5.      Yuyun Yulianti
6.      Liah Rusliah
IV.   Penutup
         Demikian profil Pusat PAUD Al-Fajar ini kami susun dengan sebenarnya sebagai acuan dasar dalam pelaksanaan kegiatan. Kepada semua pihak yang terkait dan memiliki komitmen serta concern, kami menunggu dukungannya dan peran sertanya baik moril maupun materil.




§  Program Sekolah
a.       Model Pembelajaran
Model pembelajaran berdasarkan bakat dan minat anak  yang  terbagi menjadi :
1) Model pembelajaran kelompok 
2) Model Pembelajaran sudut kegiatan
3) Model pembelajaran area/sentra
b.      Peserta
1)      Kelompok Bermain ( Play Group ) : berusia 2,5 - 3 tahun.
2)      Kelompok A : berusia 4 tahun.
3)      Kelompok B : berusia 5 - 6 tahun.
c.       Materi
Disesuaikan dengan Kurikulum PAUD  yang dipadukan dengan program pendidikan agama islam yaitu keimanan, ketaqwaan dan akhlaqul karimah.

d.      Metode
1)      Beyond Center Entercal Time ( BCET) dengan motto : Long Iife Education.
2)      Bermain sambil belajar yang dipadan dengan program pendidikan agama islam yaitu keimanan, ketaqwaan dan akhlaqul karimah.
3)      Menggunakan tempat dan peralatan bermain yang bersih dan menyehatkan
e.       Hasil Yang Ingin Dicapai
1)      Anak mengenali diri dan alam sekitarnya sebagai makhluk dan ciptaan Allah SWT.
2)      Anak mengagumi ciptaan Allah SWT.
3)      Anak dapat mengenal asma’ul husna (sesuai dengan kemampuannya) bahwa Allah SWT Maha Pengasih Penyayang, Maha Pintar, Maha Kaya, Maha Mengetahui, Maha Melihat, Maha Mendengar dan segalanya.
4)      Anak dapat memikirkan dan melakukan gerakan dan bacaan sholat, ikrar, do’a harian, kalimah thoyyibah sesuai dengan kemampuannya.
5)      Anak dengan keimanan, ketaqwaan serta akhlaqul karimah dapat mengembangkan diri untuk bermain dan belajar menguasai ilmu pengetahun dan teknologi.
6)      Anak dapat mengekspesikan diri dengan aneka ragam kreasi sebagai anugrah dari Allah SWT.
7)      Anak merasa bahagia, senang bermain sambil belajar mencintai ilmu pengetahuan dan semangat ingin belajar.
§  Pelaksanaan Kegiatan
PAUD Al-Fajar secara rutin mengadakan kegiatan  bermain sambil belajar  dalam satu minggu  sebanyak lima kali  pertemuan.  Lima hari dari hari Senin sampai hari Jumat dengan pelaksanaan kegiatan bermain sambil belajar mengacu pada jadwal kegiatan  yang telah ditentukan yaitu :
No
Hari
Jam
Materi
1
Senin
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00- 09.30
09.30-10.00
Ayo belajar sholat
Pintar Membaca
Istirahat
Mengenal Lingkungan Hidup
2
Selasa
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00- 09.30
09.00- 10.00

Evaluasi
Olahraga Yuuk
Istirahat
Makan Bersama
3
Rabu
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00- 09.30
09.30-10.00
Hari-hari dalam do’a
Ceria dengan angka
Istirahat
Bersosial
4
Kamis
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00- 09.30
09.30-10.00
Ayo belajar sholat
Pintar Membaca
Istirahat
Mengenal Lingkungan Hidup
5
Jumat
08.00-08.30
08.30-09.00
09.00- 09.30
09.30-10.00
Zuz Amma kita
Mengenal Inggris
Istirahat
Alam semesta tercinta










§  Prestasi Yang Telah Dicapai
No
Jenis Lomba/ Tingkat
Predikat
Atas Nama
Tempat/ Waktu Penyelenggaraan
1
Solo Putera/ Kabupaten
III (Tiga)
Fikri Ardiansyah
MI Mathla'ul Anwar Pusat Menes,  Februari 2009
2
Kolase Puteri/ Kecamatan
III (Tiga)
Siti Nabilah Fauziah
PKBM Berkah/ Maret 2009
3
Kolase Puteri/ Kecamatan
Harapan I (Satu)
Oyan Eliyani
PKBM Berkah/ Maret 2009
4
Gerak dan Lagu (untuk guru/tutor)
Juara II
Leni Marini
HUT IGTK Kabupaten Pandeglang 2009
5
Menggambar Bebas
Juara II
Nazwa Safira Lintang
Hari Hari Anak Nasional , Pandeglang 2011









1 komentar:

Arsip Blog