Berikan Masukan Buat Kami

Sabtu, 10 Maret 2012

Rencana Pengembangan


PROGRAM PEMBELAJARAN DAN PEMBIASAAN
PAUD AL – FAJAR
Program pembiasaan dan pembelajaran PAUD AL-FAJAR dilaksanakan melalui “8 (delapan) jalur pencapaian “ yang terdiri dari :
A.    Kurikulum
B.     Program Intrakurikuler
C.     Program Kokurikuler
D.    Program Ekstrakurikuler
E.     Fasilitas
F.      Tata Tertib
G.    Kerjasama Orang-tua
H.    SDM
Berikut adalah paparan kedelapan jalur pencapaian di atas sebagai berikut :
A.    KURIKULUM
PAUD Al-Fajar menggunakan kurikulum nasional yang ditetapkan Depdiknas sebagai dasar kurikulum dan program pengembangan agama Islam (PAI) dari Departemen Agama (Depag), hanya saja terdapat muatan-muatan lokal yang khusus dirancang dan disesuaikan dengan visi dan misi PAUD Al-Fajar
Kurikulum ditekankan pada pencapaian kompetensi dengan memperhatikan usia, karakteristik dan budaya anak didik agar dapat membekalinya di masa kini dan yang akan datang. Untuk itu diadakan pengenalan berbagai ilmu pengetahuan termasuk didalamnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, moral, akhlak mulia, dan nilai-nilai Agama Islam dalam setiap kegiatan dan pembiasaan perilaku serta keterampilan hidup melalui integrasi kegiatan yang aman, kreatif, eksploratif dan menyenangkan.
B.     PROGRAM INTRAKURIKULER
Pendekatan pembelajaran pada anak usia dini (2.5- 6 tahun) berorientasi pada pengembangan seluruh perilaku dan kemampuan dasar yang ada pada setiap anak dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1.        Berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan anak dengan menggunakan segenap potensi murid secara individu untuk mendapatkan prestasi terbaik.
2.        Belajar sambil bermain dengan penekanan bahwa sekolah itu menyenangkan.
3.        Kreatif dan inovatif melalui penggunaan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), yaitu murid dan guru aktif.
4.        Lingkungan kondusif antara lain situasi kelas yang :
o   (a). menunjang keaksaraan
o   (b). menumbuhkan rasa sukses murid untuk membangun rasa percaya diri
o   (c). mengembangkan daya ekspresi dan daya kreasi murid serta menganjurkan keterbukaan, selaras dengan visi, misi dan motto perguruan
o   (d). memberikan pengalaman belajar bersama untuk menumbuhkan sikap memberi, menerima dan menghargai pendapat orang lain.
5.        Pembelajaran terpadu/terintegrasi melalui kegiatan lintas bidang pengembangan
6.        Mengembangkan keterampilan hidup.
7.        Menggunakan berbagai media dan sumber belajar
Program intrakurikuler bertujuan membentuk perilaku dan mengembangkan kemampuan dasar melalui bidang-bidang perkembangan antara lain; Sosial-Emosional, Agama, Bahasa, Kognitif dan Seni.
Adapun jadwal pelaksanaan rutinitas program intrakurikuler dalam pembelajaran harian sebagai berikut :
PEMBUKAAN
No
Kegiatan
Keterangan
1
Ikrar

2
Do’a
Kelompok/Individu
3
Selingan
Nama waktu, rap pesona matematika, pesona bahasa, puisi, nyanyi, syair jari, motorik, visual/audiotori, dan lain-lain
4
Diskusi
Berbagai pengalaman tema bermain, bebas sesuai pilihan anak antara lain : playground, pos-pos olahraga dan eksplorasi dengan media manipulatif
I N T I ( Pilihan Kegiatan/Eksplorasi )
1.      Eksperimen IPA / science
2.      Motorik Halus
3.      Bahasa : Mendengarkan, bicara, membaca, penulisan, ingatan/pengamatan visual/auditori.
4.      Media Manipulatif : Puzzle, balok kecil, alat montessori, lego dan lain-lain
5.      Ekspresi Beragam Seni : Menggambar, mencetak, melukis, menempel, menyobek, membentuk, menggunting, melipat, dan lain-lain
6.      P e r p u s t a k a a n.
7.      Bermain peran : rumah tangga, rumah sakit, bengkel, dan lain-lain
8.      Matematika : hitung-menghitung benda konkrit, pengenalan : bentuk-bentuk geometri, ukuran, pola, dan lain-lain
9.      Bernyanyi dan bermain musik.
10.  Motorik kasar ( jasmani )
11.  Kegiatan khusus,
ISTIRAHAT
Makan bersama dan bermain di luar
PENUTUP
o   Relaksasi : mendengarkan musik berirama tenang/membaca buku/ mendengarkan cerita – boneka jari/tangan, dan lain-lain
o   Tebak-tebakan materi ajar
o   Berdoa pulang

C.    PROGRAM KO KURIKULER
Program kokurikuler sesungguhnya merupakan bagian integral dengan program intrakurikuler yang diadakan sekolah secara rutin. Program KoKurikuler adalah upaya penunjang dan pengayaan intrakurikuler yang mengarah pada pengembangan keterampilan hidup.
Beberapa kegiatan koKurikuler yang diadakan di PAUD Al-Fajar, sebagai berikut :
Pengenalan Lingkungan
Guru mengajak anak mengamati lingkungan sekolah dengan tujuan :
1.      Mengenal bagian-bagian dari sekolahnya seperti; kamar mandi, tempat pengambilan air wudhu, perpustakaan TK / SD / SMP / SMA, Masjid, Kantin dan lain-lain.
2.      Memupuk kepekaan, menjaga dan memelihara lingkungan melalui mengamati lingkungan, memberi makan hewan, menanam dan menyiram tanaman, mengadakan daur ulang serta operasi semut secara bergantian.
Praktek Shalat Berjama’ah
Program ini diadakan setiap hari Jum’at di salah satu ruang belajar atau di kelas dengan tujuan :
1.      Memupuk keimanan murid.
2.      Menanamkan sikap tertib / disiplin di dalam shalat
3.      Melatih dan membiasakan gerakan-gerakan shalat yang benar.
Pembiasaan Bersedekah / Beramal
PAUD Al-Fajar mengadakan kegiatan beramal dengan tujuan menumbuhkan rasa kepedulian sosial sejak dini kepada anak. Kegiatan tersebut diwujudkan dalam bentuk “ Kotak Amal “ yang bersifat sukarela dan didasari rasa keikhlasan. Program ini diadakan setiap Jumat bersamaan dengan kegiatan shalat bersama di kelas. Perolehan hasil kotak amal akan dilaporkan secara berkala setiap triwulan melalui buku penghubung. Hasil dari kotak amal akan dipergunakan untuk membantu meringankan beban sesama yang mendapat musibah, seperti bencana alam, kebakaran, kebanjiran ataupun memberi bantuan kepada panti asuhan, pembangunan masjid maupun program anak asuh. Selain itu apabila memungkinkan, hasil dari kotak amal akan diwujudkan dalam bentuk pembelian hewan qurban di hari Raya Idul Adha yang akan dibelikan atas nama seluruh murid PAUD Al-Fajar.
Pengenalan Perpustakaan.
Untuk menumbuhkan kecintaan membaca pada anak, maka sekolah mengadakan program kunjungan pustaka. Program ini diadakan 1 (satu) minggu sekali. Murid-murid akan datang ke perpustakaan bersama guru dan teman – temannya untuk memilih sendiri dan meminjam buku – buku yang disukai untuk dibawa pulang dengan tetap tidak melupakan tata tertib sewaktu mengunjungi perpustakaan. Dalam hal ini dibutuhkan kerjasama dan bantuan orang tua untuk mengingatkan anak mengembalikan buku yang dipinjamnya tepat waktu. Dari pembiasaan ini diharapkan agar dapat menyiapkan murid dalam penggunaan perpustakaan secara maksimal.
Cerita dari Tamu
Program ini merupakan penerapan wujud kemitraan yang dilakukan antara orang tua, lingkungan sekitar dan pihak sekolah. Program ini dikemas berupa kegiatan bercerita dari tamu yang khusus diundang oleh sekolah. “Tamu” disini adalah para orangtua murid atau kakak kelas dari unit SD, SLTP, SMA ataupun orang dewasa lain yang berkenan untuk bercerita di sekolah. Beberapa dari mereka seringkali sengaja mengajukan diri utuk menjadi tamu untuk bercerita di hadapan anak – anak.
Adapun bentuk – bentuk kegiatannya antara lain :
Kegiatan
Uraian
Pengenalan berbagai profesi
Tujuan program ini adalah membuka wawasan murid dengan memperkenalkan begitu banyak profesi di masyarakat. Untuk program ini sekolah akan mengundang orang tua murid ataupun orang dewasa yang bersedia mengenalkan profesi sehari-harinya misal; Dokter, Polisi, Juru Rawat, Guru, Sutradara, Pilot, Petugas kebersihan, Petugas Pos, Pekarya Kebun, Sopir, Kusir, Tukang sayur dan sebagainya.

Mendongeng, bercerita dengan atau tanpa buku
Program ini membuka wawasan murid tentang buku dan penumbuhan minat baca sejak dini. Sekolah membebaskan tamu untuk membawa buku sendiri / bahkan kostum untuk keperluan bercerita sepanjang isi cerita sesuai dengan usia dan karakteristik anak.

Pengenalan Musik
Program ini bertujuan mengembangkan kreativitas, imajinasi dan keterampilan berekspresi, antara lain :
1.      Meningkatkan rasa keindahan dan bakat musik anak.
2.      Mengembangkan rasa kebersamaan anak, disiplin dan tanggungjawab.
3.      Meningkatkan keterampilan berkomunikasi, berimajinasi dan berkreasi.
4.      Meningkatkan kepekaan lingkungan.
5.      Meningkatkan keterampilan berekspresi.
Pentas.
Pementasan diadakan dengan tujuan untuk memberi pengalaman pentas, pengalaman menjadi penonton, pelatihan kepercayaan diri serta penanaman konsep diri pada setiap murid. Selain itu tujuan program ini memperkaya murid sambil menghindari kerutinan dan melibatkan keluarga murid. Dalam hal-hal tertentu, program/kegiatan ini juga membantu meningkatkan rasa percaya diri murid dan perbendaharaan kosa kata. Pada acara ini orang-tua diharuskan hadir untuk turut menghargai prestasi putra-putrinya.
Pameran hasil karya murid.
Tujuan dari pameran hasil karya adalah untuk menanamkan kebanggaan
terhadap hasil karya sendiri serta menanamkan konsep diri yang positif. Selain itu pameran dapat memotivasi murid untuk lebih mengembangkan kreativitasnya.
Pengenalan budaya.
Pada program ini murid diharapkan mengenal ragam alat musik, irama dan lagu serta budaya nasional. Tujuan lain adalah menimbulkan rasa cinta budaya nasional sejak dini.
Karyawisata.
Pada 1 Tahun pelajaran, sekolah akan mengadakan beberapa program kegiatan karyawisata ke tempat/lokasi yang disesuaikan dengan tema pembelajaran di kelas. Untuk efektivitas layanan pendidikan, pada pelaksanaanya kegiatan ini dilakukan dalam kelompok kecil/kelas/level. Keterlibatan orang-tua secara fisik sebagai pendamping anak yang bertugas sebagai guru yaitu menjelaskan kegiatan dan mengawasi anak. Untuk keamanan murid dan efektivitas tujuan karyawisata, PAUD Al-Fajar akan menyelenggarakan acara tersebut dalam kelompok – kelompok kecil misalnya per – kelas atau kelompok A atau kelompok B saja. Pelaksanaannya dilakukan dengan bantuan supervisi wakil orang tua murid dengan rasio 1 : 5 maksudnya 1 (satu) orang dewasa mengawasi 5 (lima) orang anak. Orang tua akan diminta bantuannya bukan hanya mengawasi tetapi secara aktif membantu guru menjelaskan tujuan-tujuan kunjungan. Tempat/lokasi tujuan karyawisata bervariasi sesuai pengembangan wawasan yang bisa dilaksanakan dan tema yang dibicarakan di kelas.
Proses Memasak.
Pada program ini diharapkan murid dapat :
1.      Mengenal bahan mentah yang langsung dapat dimakan ataupun bahan mentah yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu.
2.      Mengamati proses pengolahan makanan dari bahan mentah menjadi matang.
3.      Memperoleh kosa kata baru yang didapatnya selama proses masak berlangsung misalnya : mendidih, menguap, berembun, dan sebagainya.
4.      Melatih ketrampilan motorik yang digunakan pada saat memasak misalnya : memeras santan, mengoles mentega, mengupas buah, menakar air, merajang sayuran dan sebagainya.
D.    PROGRAM EKSTRAKURIKULER
Program ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendukung pembelajaran yang dilakukan pendidikan/pelatihan di luar kegiatan intra dan ko-kurikuler. Program ekstrakurikuler ini diprogramkan untuk yang diprogramkan untuk mengembangkan bakat, memperkaya imajinasi, menyehatkan jasmani, rohani, sosial-emosional serta menumbuh-kembangkan semangat kompetisi dan semangat kerjasama untuk mencapai prestasi terbaik. Berbagai jenis kegiatan Ekstrakurikuler yang diadakan meliputi :
Ekstrakurikuler Khusus
Ektrakurikuler khusus diprogramkan untuk membekali murid dengan kemampuan spesifik yang mengandung konsep life skill dan dianggap penting untuk memperkuat karakter/ciri khusus sekolah. Ekskul khusus di PAUD Al-Fajar adalah kegiatan komputer (bekerjasama dengan computerkid) yang diberlakukan bagi seluruh murid Kelas B dan biayanya sudah termasuk dalam iuran bulanan sekolah. Sedangkan teknik pelaksanaan ekstrakurikuler ini dilakukan seminggu sekali selama + 45 menit di dalam waktu/jam sekolah anak. Program ini bertujuan agar anak lebih mengenal komputer sebagai alat bantu dalam menambah wawasan dan mendalami konsep-konsep dasar yang telah diperolehnya di kelas. Selain itu pengenalan teknologi informasi sedini mungkin yang sesuai dengan perkembangan anak merupakan pertimbangan mengapa program pengenalan komputer ini diadakan.
Ekstrakurikuler Unggulan
Kegiatan ini diarahkan untuk mencapai keunggulan prestasi dalam kompetisi-kompetisi yang berlangsung di dalam dan atau antar wilayah. Ekskul ini memiliki sifat berkesinambungan antar jenjang dan atau antar unit. Dengan demikian program perekrutan peserta, latihan maupun pembiayaan dilaksanakan secara khusus. Adapun kegiatan yang disediakan pada jenis ekskul ini adalah vokal.
Ekstrakurikuler Pilihan
Kegiatan ini diadakan untuk memfasilitasi pengembangan minat & bakat murid. Ekskul pilihan ini dapat diikuti oleh seluruh murid TK dengan memilih salah satu dari kegiatan yang disediakan dan biayanya sudah termasuk dalam iuran bulanan sekolah kecuali bahasa Inggris dan Fun Cooking yang pelaksanaannya bekerjasama dengan lembaga lain dan dikenakan biaya. Untuk teknik pelaksanaan ekstrakurikuler ini adalah setelah waktu kepulangan anak, dan akan dimulai pada bulan Juli 2011.
Adapun ekstrakurikuler pilihan yang diadakan tersebut adalah :
Kelas  A :
1.      Al-Qur’an
2.      Seni Rupa
3.      M e n a r i
4.      Olah Raga
5.      Vokal
Kelas  B :
1.      Al-Qur’an
2.      Menari
3.      Vokal
4.      Bahasa Inggris (biaya mandiri)
5.      Fun Cooking (biaya mandiri)
E.     FASILITAS
PAUD Al-Fajar memiliki fasilitas yang terkait dengan kelancaran dan keefektifan proses belajar mengajar berupa :
Ruang Belajar terdiri dari 3 kelas dengan sirkulasi udara yang baik
Ruang Observasi
Diadakannya ruang observasi ini diperuntukkan :
1.      Bagi orang tua murid yang ingin melihat kegiatan belajar putra–putrinya di kelas, dalam masalah–masalah yang membutuhkan pengamatan khusus, yang terlebih dahulu harus membuat perjanjian dengan tim guru kelas.
2.      Bagi guru dari sekolah lain / instansi pendidikan yang mengadakan studi banding.
Ruang Konstruksi
Di ruang ini murid akan belajar  keterampilan khusus yang akan dibutuhkan kelak di SD yaitu :
1.      Mengekpresikan diri dengan membangun berbagai bentuk balok yang disediakan.
2.      Mengklasifikasikan dan memilih bentuk balok tersebut.
3.      Mengikuti peraturan bermain balok antara lain ; mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya semula, antri pada saat mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya, menggunakan balok untuk membangun sesuatu.
Ruang Al Qur’an
Ruang ini untuk pelatihan dan pendalaman pelafalan awal dalam pengucapan kalimat thoyyibah, surat – surat pendek dan doa – doa harian.
Lahan Perkebunan
Untuk membangun kepedulian anak terhadap lingkungan, pada waktu-waktu tertentu, guru bersama anak melakukan praktik menanam : pohon-pohon/tanaman hias, biji-bijian, merawat tanaman, dll dilahan perkebunan yang berada di areal PAUD Al-Fajar.
F.     TATA TERTIB

a.       ETIKA BERPAKAIAN
1.         Siswa diwajibkan untuk mengenakan pakaian seragam yang telah ditentukan oleh sekolah, ataupun pakaian-pakaian lain yang ditentukan oleh sekolah dalam suatu kegiatan tertentu.
2.         Siswa tidak diperkenankan untuk mengenakan perhiasan secara berlebihan
b.      WAKTU BERMAIN DAN BELAJAR
Kelas Mawar (KB)            Senin s/d Jum’at, jam 08.00 – 11.00 WIB
Kelas Anggrek (A)           :  Senin s/d Jum’at, jam 08.00 – 11.30 WIB
Kelas Teratai (B)              :  Senin s/d Jum’at, jam 08.00 – 11.30 WIB
c.       MENGANTAR DAN MENJEMPUT ANAK
1.         Anak dapat diterima di sekolah mulai pukul 07.30 WIB dan latihlah anak agar berangkat tepat waktu. Paling lambat kedatangan anak ke sekolah lima belas menit sebelum bel tanda masuk berbunyi.
2.         Orang Tua / Wali Siswa atau pengantar dapat mengantar anak sampai ke gerbang sekolah, dan menitipkan anaknya kepada Pendidik PAUD Al-Fajar yang piket.
3.         Orang Tua / Wali Siswa atau pengantar menjemput anak tepat waktu, sebelum anak keluar dari kelas maka Orang Tua / Wali Siswa atau penjemput dapat menunggu di luar pagar halaman sekolah (tidak masuk ke dalam halaman sekolah).
4.         Jika pada saat kepulangan anak dijemput oleh orang lain, maka Orang Tua / Wali Siswa wajib memberitahukan kepada Pendidik PAUD Al-Fajar sebelumnya, baik secara lisan pada saat mengantar pagi hari maupun via telepon.
5.         Batas penjemputan adalah 30 menit setelah jadwal kepulangan anak. Apabila ada keterlambatan menjemput dengan alasan yang dapat dibenarkan, maka Orang Tua / Wali Siswa wajib memberitahukan pada Pendidik PAUD Al-Fajar.
d.      MENUNGGU ANAK
1.         Bagi Orang Tua / Wali Siswa atau pengantar tidak diperkenankan menunggu anak di dalam kelas, di depan kelas atau di halaman sekolah setelah masa adaptasi berakhir (maksimum dua minggu).
2.         Orang Tua / Wali Siswa atau pengantar dapat menunggu anak di teras sekolah, dengan menjaga ketertiban, kebersihan lingkungan sekolah.
e.       KONSULTASI DENGAN PENDIDIK PAUD
1.         Konsultasi dapat dilakukan dengan Pendidik PAUD Al-Fajar dengan melakukan perjanjian pertemuan setelah KBM selesai.
2.         Tidak diperkenankan melakukan konsultasi pada saat KBM berlangsung, untuk menjaga ketertiban dan tidak melalaikan tugas Pendidik PAUD Al-Fajar.
f.       ANAK SAKIT DI SEKOLAH
  1. Apabila kondisi anak dari rumah sudah sakit, maka sebaiknya anak beristirahat dulu di rumah sampai sembuh, tetapi apabila anak tetap ingin sekolah maka Orang Tua / Wali Siswa wajib memberitahukan kondisi kesehatan anak ke Pendidik PAUD Al-Fajar
  2. Apabila di sekolah terjadi kecelakaan (misal anak jatuh) maka sebagai tindakan P3K, maka Pendidik PAUD Al-Fajar akan mengobati anak dengan obat ringan yang ada di UKS atau bila perlu akan di bawa ke PUSKESMAS di Kecamatan Menes
g.      KEHADIRAN SISWA
Siswa diwajibkan untuk hadir di sekolah setiap hari. Setiap ketidakhadiran Siswa agar memberitahukan melalui surat, telpon atau sms kepada Pendidik PAUD Al-Fajar. Pihak Sekolah akan memberikan teguran kepada Orang Tua / Wali Siswa jika Siswa mempunyai jumlah ketidakhadiran yang melebihi batas ketidakhadiran yang telah ditentukan.
h.      PEMBAYARAN IURAN BULANAN BERMAIN DAN BELAJAR DAN IURAN LAINNYA
1.      Demi kelancaran kegiatan bermain dan belajar, maka Iuran Bulanan dalam bentuk infaq dibayarkan dari tanggal 1 s/d 10 setiap bulannya.
2.      Iuran-iuran lain yang telah disepakati bersama, wajib dibayarkan sesuai dengan kesepakatan bersama.
i.        DISIPLIN DAN SANKSI
1.      Siswa wajib untuk mentaati semua peraturan dan tata tertib PAUD Al-Fajar
2.      Siswa wajib untuk mengikuti semua kegiatan dan program bermain dan belajar yang ada di PAUD Al-Fajar, baik kegiatan indoor dan outdoor (di dalam kelas atau di luar kelas, di dalam area sekolah maupun di luar area sekolah).
3.      Siswa wajib untuk menjaga ketertiban, memelihara kebersihan semua area sekolah dan diri sendiri
4.      Siswa yang dinilai tidak mentaati peraturan dan tata tertib sekolah akan diberikan teguran lisan, tertulis dan atau pemanggilan Orang Tua / Wali Siswa
j.        KEGIATAN YANG MELIBATKAN ORANG TUA / WALI SISWA
1.      Semua kegiatan yang melibatkan Orang Tua / Wali Siswa, maka wajib bagi ayah bunda untuk berpartisipasi dan meluangkan waktu untuk hadir dan mensukseskan acara yang telah disiapkan oleh pihak sekolah
2.      Orang Tua / Wali Siswa wajib menghadiri undangan pertemuan yang di selenggarakan oleh pihak sekolah, untuk kepentingan bersama, kecuali dengan alasan yang dapat dibenarkan.
3.      Pengambilan Laporan Perkembangan Anak akhir semester wajib diambil oleh Orang Tua / Wali Siswa dan tidak dapat diwakilkan, kecuali dengan alasan yang dapat dibenarkan.
4.      Apabila pada hari yang telah ditentukan Orang Tua / Wali Siswa belum dapat mengambil laporan perkembangan anak,maka orangtua wajib memberitahu ke Pendidik PAUD Al-Fajar kelas anak dan mengadakan perjanjian untuk mengambil laporan perkembangan anak, di luar waktu tersebut.
k.      LIBURAN SEKOLAH
1.      Siswa diliburkan mengikuti kalender Pendidikan Nasional, dan pihak sekolah akan mengingatkan Orang Tua / Wali Siswa melalui buku penghubung.
2.      Liburan Akhir semester dan libur yang bersifat Insidental akan diberitahukan ke Orang Tua / Wali Siswa melalui buku penghubung paling lambat dua hari sebelumnya.
l.        ULANG TAHUN
Diperkenankan bagi Anak Didik untuk menyelenggarakan perayaan pesta ulang tahun di sekolah, dan diperkenankan pula untuk menyebarkan undangan ulang tahun, khusus untuk seluruh Siswa PAUD Al-Fajar.
m.    KEGIATAN MENABUNG
1.      Siswa dianjurkan untuk mempunyai tabungan di sekolah yang penyetorannya dapat dilakukan setiap hari dengan minimal setoran yang telah ditentukan.
2.      Uang tabungan Siswa akan dikembalikan pada setiap akhir semester ke II.
G.    KERJASAMA ORANG-TUA
Dalam dunia pendidikan orang tua murid merupakan komponen pendukung untuk pencapaian keberhasilan program pembelajaran sehingga tidak dapat diabaikan keberadaannya PAUD Al-Fajar sebagai sekolah yang senantiasa berusaha mengoptimalisasikan orang tua sebagai sumber belajar yang akan menentukan kelancaran program pembelajarannya tersebut memiliki ketentuan-ketentuan dalam melibatkan orang tua murid. Adapun bentuk kerjasama dan keterlibatan orang tua di PAUD Al-Fajar antara lain :
Apresiasi Orang-tua
Untuk mengembangkan potensi anak secara maksimal diperlukan apresiasi orang tua murid secara aktif dengan hadir tepat waktu pada acara :
1.      Kunjungan kelas (Open House) yang akan memberi gambaran lebih jelas mengenai kegiatan murid.
2.      Pementasan dan pameran murid yang bersangkutan.
3.      Pertemuan antar orang tua yang dikoordinasi oleh koordinator kelas/BEOM
4.      Acara-acara lain sesuai pemberitahuan.
Buku Penghubung
Untuk segera menjembatani komunikasi antara guru dan orang tua murid, disediakan sebuah buku penghubung yang dapat diisi oleh kedua belah pihak. Namun demikian, pertemuan langsung antara guru dan orang tua murid lebih diharapkan sering terjadi dengan melalui perjanjian terlebih dahulu.
Evaluasi Bersama
Pada waktu–waktu yang ditentukan kemudian, akan dilakukan pertemuan khusus antara guru dan orang tua untuk evaluasi kedua belah pihak secara perseorangan. Dalam kesempatan ini diharapkan akan ditemukan jalan keluar bagi masalah yang diutarakan kedua belah pihak. Diharapkan timbulnya usul-usul yang lebih memacu kemajuan bersama.
BEOM
Sebagai wadah koordinasi orang tua murid akan dibentuklah pengurus Badan Eksekutif Orang Tua Murid (BEOM) yang disusun Yayasan Bina Danikaya sebagai penanggung jawab dari kegiatan PAUD Al-Fajar. Pengurus dipilih oleh orang tua murid dari kalangan orang tua murid sendiri. Program BEOM diharapkan menjadi pendukung program Yayasan atau sekolah, maka konsultasi antara pengurus BEOM dan Yayasan perlu diadakan.
Peran Serta Orang-tua
1.      Kehadiran orang tua / wali atas permintaan Kepala PAUD atau guru untuk masalah tertentu yang memerlukan keterlibatan orang tua murid tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.
2.      Setiap konsultasi yang ingin dilaksanakan oleh orang tua murid / wali dengan kepala sekolah, psikolog, dan guru harus melalui perjanjian yang disampaikan melalui buku penghubung.
3.      Para orang tua / wali murid diharapkan membantu putra-putrinya untuk dapat melaksanakan tata tertib ini sebaik mungkin.
4.      Memotivasi anak di rumah, menyelaraskan dan mengembangkan kegiatan – kegiatan yang diperoleh dari sekolah seperti mengulang dan membiasakan putra/inya membaca surat pendek, doa dan kalimat thoyyibah yang telah dibiasakan di PAUD Al-Fajar
H.    SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM )
Dalam upayanya menjadikan PAUD Al-Fajar sebagai PAUD berkualitas yang mendidik siswa/i-nya agar memiliki kematangan sesuai usianya sebagai persiapan untuk bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi, PAUD Al-Fajar senantiasa berkeinginan untuk selalu konsisten dalam meningkatkan layanan pendidikan berkualitas yang mengakomodasi tuntutan globalisasi / masyarakat, maka selain diperlukannya kurikulum pembelajaran dengan program-program yang beragam dan terarah, Sarana Prasarana yang memadai, keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal amatlah dibutuhkan.
Sebagai salah satu Satuan Kegiatan pada Yayasan Bina Danikaya, PAUD Al-Fajar memiliki sumber daya manusia antara lain :
No
Nama
Jabatan
Keterangan
1
Dice Fadiasari
Kepala Sekolah
Sedang Kuliah S-1 PAUD smt-VI
2
Nurhayati
Tutor Kelas B/ Bendahara Koperasi
Sedang Kuliah S-1 PAI smt-VI
3
Leni Marini
Tutor Kober/ Ketua Koperasi
Sedang Kuliah S-1 PAUD smt-VI
4
Yuyun Yulianti
Tutor Kelas A
S-1 PAI
5
Hani’ah
Tutor Kober
Sedang Kuliah S-1 PAI smt-VI
6
Liah Rusliah
Tutor Kober
Sedang Kuliah S-1 PAUD smt-VI
Profil Guru
Sumber Daya Manusia ( dalam hal ini adalah guru ) adalah faktor penentu berkualitas atau tidaknya suatu sekolah. Dengan prinsip tersebut sebagai lembaga pendidikan yang didirikan pada tahun 2008, PAUD Al-Fajar selalu berupaya dalam meningkatkan kualitas para guru; oleh karenanya sikap profesional, integritas diri, komitmen terhadap tugas serta kompetensi dalam bidang ilmu merupakan syarat yang utama. Selain itu juga harus menguasai manajemen kelas dan mampu memilih metode yang tepat didalam kegiatan pembelajaran. Keinginan belajar dari lingkungan, kreatif dan inovatif merupakan tuntutan lainnya agar mampu mengikuti perubahan zaman. Dasar pendidikan formal merupakan landasan awal untuk pengembangan kualitas guru selanjutnya.
Pengembangan Guru
Profesionalisme dan kualitas para guru PAUD Al-Fajar selalu ditingkatkan melalui berbagai kesempatan mengikuti peningkatan jenjang pendidikan, peningkatan penguasaan bidang ilmu secara spesifik, peningkatan pemahaman perkembangan anak dan sebagainya, antara lain dengan :
1.      Pelatihan Guru
2.      Mengikuti Seminar/Lokakarya/Work shop baik Nasional maupun Internasional
3.      Melanjutkan pendidikan / jenjang studi yang lebih tinggi
4.      Pertemuan atau diskusi bersama
5.      Menjadi / mendatangkan narasumber pada suatu kesempatan
6.      Studi Banding / Observasi
7.      Magang
8.      Karyawisata dan wawasan lintas budaya.
9.      Pembinaan rutin.
10.  Menonton dan mengikuti diskusi film, teater, musik, pameran
11.  Kursus-kursus terkait dengan peningkatan profesionalisme, dan lain-lain
Dengan berkembangnya waktu dan fasilitas yang memadai PAUD Al-Fajar berharap memiliki guru-guru yang berpotensi sebagai narasumber/instruktur dalam berbagai bentuk pelatihan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog