PROGRAM PEMBELAJARAN DAN PEMBIASAAN
PAUD AL – FAJAR
Program pembiasaan dan pembelajaran PAUD AL-FAJAR
dilaksanakan melalui “8 (delapan) jalur pencapaian “ yang terdiri dari :
A. Kurikulum
B. Program Intrakurikuler
C. Program Kokurikuler
D. Program Ekstrakurikuler
E. Fasilitas
F. Tata Tertib
G. Kerjasama Orang-tua
H. SDM
Berikut adalah paparan kedelapan jalur pencapaian di
atas sebagai berikut :
A. KURIKULUM
PAUD Al-Fajar menggunakan kurikulum nasional yang
ditetapkan Depdiknas sebagai dasar kurikulum dan program pengembangan agama
Islam (PAI) dari Departemen Agama (Depag), hanya saja terdapat muatan-muatan
lokal yang khusus dirancang dan disesuaikan dengan visi dan misi PAUD Al-Fajar
Kurikulum ditekankan pada pencapaian kompetensi dengan
memperhatikan usia, karakteristik dan budaya anak didik agar dapat membekalinya
di masa kini dan yang akan datang. Untuk itu diadakan pengenalan berbagai ilmu
pengetahuan termasuk didalamnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi,
moral, akhlak mulia, dan nilai-nilai Agama Islam dalam setiap kegiatan dan
pembiasaan perilaku serta keterampilan hidup melalui integrasi kegiatan yang
aman, kreatif, eksploratif dan menyenangkan.
B. PROGRAM INTRAKURIKULER
Pendekatan pembelajaran pada anak usia dini (2.5- 6
tahun) berorientasi pada pengembangan seluruh perilaku dan kemampuan dasar yang
ada pada setiap anak dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1.
Berorientasi
pada kebutuhan dan perkembangan anak dengan menggunakan segenap potensi murid
secara individu untuk mendapatkan prestasi terbaik.
2.
Belajar
sambil bermain dengan penekanan bahwa sekolah itu menyenangkan.
3.
Kreatif dan
inovatif melalui penggunaan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA), yaitu murid dan
guru aktif.
4.
Lingkungan
kondusif antara lain situasi kelas yang :
o
(a).
menunjang keaksaraan
o
(b).
menumbuhkan rasa sukses murid untuk membangun rasa percaya diri
o
(c).
mengembangkan daya ekspresi dan daya kreasi murid serta menganjurkan keterbukaan,
selaras dengan visi, misi dan motto perguruan
o
(d).
memberikan pengalaman belajar bersama untuk menumbuhkan sikap memberi, menerima
dan menghargai pendapat orang lain.
5.
Pembelajaran terpadu/terintegrasi melalui kegiatan
lintas bidang pengembangan
6.
Mengembangkan
keterampilan hidup.
7.
Menggunakan
berbagai media dan sumber belajar
Program intrakurikuler bertujuan membentuk perilaku
dan mengembangkan kemampuan dasar melalui bidang-bidang perkembangan antara
lain; Sosial-Emosional, Agama, Bahasa, Kognitif dan Seni.
Adapun jadwal pelaksanaan rutinitas program
intrakurikuler dalam pembelajaran harian sebagai berikut :
PEMBUKAAN
No
|
Kegiatan
|
Keterangan
|
1
|
Ikrar
|
|
2
|
Do’a
|
Kelompok/Individu
|
3
|
Selingan
|
Nama waktu, rap pesona matematika,
pesona bahasa, puisi, nyanyi, syair jari, motorik, visual/audiotori, dan
lain-lain
|
4
|
Diskusi
|
Berbagai pengalaman tema bermain,
bebas sesuai pilihan anak antara lain : playground, pos-pos olahraga dan
eksplorasi dengan media manipulatif
|
I N T I ( Pilihan Kegiatan/Eksplorasi )
1. Eksperimen IPA / science
2. Motorik Halus
3. Bahasa : Mendengarkan, bicara,
membaca, penulisan, ingatan/pengamatan visual/auditori.
4. Media Manipulatif : Puzzle, balok
kecil, alat montessori, lego dan lain-lain
5. Ekspresi Beragam Seni : Menggambar,
mencetak, melukis, menempel, menyobek, membentuk, menggunting, melipat, dan
lain-lain
6. P e r p u s t a k a a n.
7. Bermain peran : rumah tangga, rumah
sakit, bengkel, dan lain-lain
8. Matematika : hitung-menghitung benda
konkrit, pengenalan : bentuk-bentuk geometri, ukuran, pola, dan lain-lain
9. Bernyanyi dan bermain musik.
10. Motorik kasar ( jasmani )
11. Kegiatan khusus,
ISTIRAHAT
Makan bersama dan bermain di luar
PENUTUP
o
Relaksasi :
mendengarkan musik berirama tenang/membaca buku/ mendengarkan cerita – boneka
jari/tangan, dan lain-lain
o
Tebak-tebakan
materi ajar
o
Berdoa
pulang
C. PROGRAM KO KURIKULER
Program kokurikuler sesungguhnya merupakan bagian
integral dengan program intrakurikuler yang diadakan sekolah secara rutin.
Program KoKurikuler adalah upaya penunjang dan pengayaan intrakurikuler yang
mengarah pada pengembangan keterampilan hidup.
Beberapa kegiatan koKurikuler yang diadakan di PAUD
Al-Fajar, sebagai berikut :
Pengenalan Lingkungan
Guru mengajak anak mengamati lingkungan sekolah dengan
tujuan :
1. Mengenal bagian-bagian dari
sekolahnya seperti; kamar mandi, tempat pengambilan air wudhu, perpustakaan TK
/ SD / SMP / SMA, Masjid, Kantin dan lain-lain.
2. Memupuk kepekaan, menjaga dan
memelihara lingkungan melalui mengamati lingkungan, memberi makan hewan,
menanam dan menyiram tanaman, mengadakan daur ulang serta operasi semut secara
bergantian.
Praktek Shalat Berjama’ah
Program ini diadakan setiap hari Jum’at di salah satu
ruang belajar atau di kelas dengan tujuan :
1. Memupuk keimanan murid.
2. Menanamkan sikap tertib / disiplin
di dalam shalat
3. Melatih dan membiasakan
gerakan-gerakan shalat yang benar.
Pembiasaan Bersedekah / Beramal
PAUD Al-Fajar mengadakan kegiatan beramal dengan
tujuan menumbuhkan rasa kepedulian sosial sejak dini kepada anak. Kegiatan
tersebut diwujudkan dalam bentuk “ Kotak Amal “ yang bersifat sukarela dan
didasari rasa keikhlasan. Program ini diadakan setiap Jumat bersamaan dengan
kegiatan shalat bersama di kelas. Perolehan hasil kotak amal akan dilaporkan
secara berkala setiap triwulan melalui buku penghubung. Hasil dari kotak amal
akan dipergunakan untuk membantu meringankan beban sesama yang mendapat
musibah, seperti bencana alam, kebakaran, kebanjiran ataupun memberi bantuan
kepada panti asuhan, pembangunan masjid maupun program anak asuh. Selain itu
apabila memungkinkan, hasil dari kotak amal akan diwujudkan dalam bentuk
pembelian hewan qurban di hari Raya Idul Adha yang akan dibelikan atas nama
seluruh murid PAUD Al-Fajar.
Pengenalan Perpustakaan.
Untuk menumbuhkan kecintaan membaca pada anak, maka
sekolah mengadakan program kunjungan pustaka. Program ini diadakan 1 (satu)
minggu sekali. Murid-murid akan datang ke perpustakaan bersama guru dan teman –
temannya untuk memilih sendiri dan meminjam buku – buku yang disukai untuk
dibawa pulang dengan tetap tidak melupakan tata tertib sewaktu mengunjungi
perpustakaan. Dalam hal ini dibutuhkan kerjasama dan bantuan orang tua untuk
mengingatkan anak mengembalikan buku yang dipinjamnya tepat waktu. Dari
pembiasaan ini diharapkan agar dapat menyiapkan murid dalam penggunaan
perpustakaan secara maksimal.
Cerita dari Tamu
Program ini merupakan penerapan wujud kemitraan yang
dilakukan antara orang tua, lingkungan sekitar dan pihak sekolah. Program ini
dikemas berupa kegiatan bercerita dari tamu yang khusus diundang oleh sekolah.
“Tamu” disini adalah para orangtua murid atau kakak kelas dari unit SD, SLTP,
SMA ataupun orang dewasa lain yang berkenan untuk bercerita di sekolah.
Beberapa dari mereka seringkali sengaja mengajukan diri utuk menjadi tamu untuk
bercerita di hadapan anak – anak.
Adapun bentuk – bentuk kegiatannya antara lain :
Kegiatan
|
Uraian
|
Pengenalan
berbagai profesi
|
Tujuan program ini adalah membuka
wawasan murid dengan memperkenalkan begitu banyak profesi di masyarakat.
Untuk program ini sekolah akan mengundang orang tua murid ataupun orang
dewasa yang bersedia mengenalkan profesi sehari-harinya misal; Dokter,
Polisi, Juru Rawat, Guru, Sutradara, Pilot, Petugas kebersihan, Petugas Pos,
Pekarya Kebun, Sopir, Kusir, Tukang sayur dan sebagainya.
|
Mendongeng,
bercerita dengan atau tanpa buku
|
Program ini membuka wawasan murid
tentang buku dan penumbuhan minat baca sejak dini. Sekolah membebaskan tamu
untuk membawa buku sendiri / bahkan kostum untuk keperluan bercerita
sepanjang isi cerita sesuai dengan usia dan karakteristik anak.
|
Pengenalan Musik
Program ini bertujuan mengembangkan kreativitas,
imajinasi dan keterampilan berekspresi, antara lain :
1. Meningkatkan rasa keindahan dan
bakat musik anak.
2. Mengembangkan rasa kebersamaan anak,
disiplin dan tanggungjawab.
3. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi,
berimajinasi dan berkreasi.
4. Meningkatkan kepekaan lingkungan.
5. Meningkatkan keterampilan
berekspresi.
Pentas.
Pementasan diadakan dengan tujuan untuk memberi
pengalaman pentas, pengalaman menjadi penonton, pelatihan kepercayaan diri
serta penanaman konsep diri pada setiap murid. Selain itu tujuan program ini
memperkaya murid sambil menghindari kerutinan dan melibatkan keluarga murid.
Dalam hal-hal tertentu, program/kegiatan ini juga membantu meningkatkan rasa
percaya diri murid dan perbendaharaan kosa kata. Pada acara ini orang-tua
diharuskan hadir untuk turut menghargai prestasi putra-putrinya.
Pameran hasil karya murid.
Tujuan dari pameran hasil karya adalah untuk
menanamkan kebanggaan
terhadap hasil karya sendiri serta menanamkan konsep diri yang positif. Selain itu pameran dapat memotivasi murid untuk lebih mengembangkan kreativitasnya.
terhadap hasil karya sendiri serta menanamkan konsep diri yang positif. Selain itu pameran dapat memotivasi murid untuk lebih mengembangkan kreativitasnya.
Pengenalan budaya.
Pada program ini murid diharapkan mengenal ragam alat
musik, irama dan lagu serta budaya nasional. Tujuan lain adalah menimbulkan
rasa cinta budaya nasional sejak dini.
Karyawisata.
Pada 1 Tahun pelajaran, sekolah akan mengadakan
beberapa program kegiatan karyawisata ke tempat/lokasi yang disesuaikan dengan
tema pembelajaran di kelas. Untuk efektivitas layanan pendidikan, pada
pelaksanaanya kegiatan ini dilakukan dalam kelompok kecil/kelas/level.
Keterlibatan orang-tua secara fisik sebagai pendamping anak yang bertugas
sebagai guru yaitu menjelaskan kegiatan dan mengawasi anak. Untuk keamanan
murid dan efektivitas tujuan karyawisata, PAUD Al-Fajar akan menyelenggarakan
acara tersebut dalam kelompok – kelompok kecil misalnya per – kelas atau
kelompok A atau kelompok B saja. Pelaksanaannya dilakukan dengan bantuan
supervisi wakil orang tua murid dengan rasio 1 : 5 maksudnya 1 (satu) orang
dewasa mengawasi 5 (lima) orang anak. Orang tua akan diminta bantuannya bukan
hanya mengawasi tetapi secara aktif membantu guru menjelaskan tujuan-tujuan
kunjungan. Tempat/lokasi tujuan karyawisata bervariasi sesuai pengembangan
wawasan yang bisa dilaksanakan dan tema yang dibicarakan di kelas.
Proses Memasak.
Pada program ini diharapkan murid dapat :
1. Mengenal bahan mentah yang langsung
dapat dimakan ataupun bahan mentah yang harus diolah atau dimasak terlebih
dahulu.
2. Mengamati proses pengolahan makanan
dari bahan mentah menjadi matang.
3. Memperoleh kosa kata baru yang
didapatnya selama proses masak berlangsung misalnya : mendidih, menguap,
berembun, dan sebagainya.
4. Melatih ketrampilan motorik yang
digunakan pada saat memasak misalnya : memeras santan, mengoles mentega, mengupas
buah, menakar air, merajang sayuran dan sebagainya.
D. PROGRAM EKSTRAKURIKULER
Program ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendukung
pembelajaran yang dilakukan pendidikan/pelatihan di luar kegiatan intra dan
ko-kurikuler. Program ekstrakurikuler ini diprogramkan untuk yang diprogramkan
untuk mengembangkan bakat, memperkaya imajinasi, menyehatkan jasmani, rohani,
sosial-emosional serta menumbuh-kembangkan semangat kompetisi dan semangat
kerjasama untuk mencapai prestasi terbaik. Berbagai jenis kegiatan
Ekstrakurikuler yang diadakan meliputi :
Ekstrakurikuler Khusus
Ektrakurikuler khusus diprogramkan untuk membekali
murid dengan kemampuan spesifik yang mengandung konsep life skill dan dianggap
penting untuk memperkuat karakter/ciri khusus sekolah. Ekskul khusus di PAUD
Al-Fajar adalah kegiatan komputer (bekerjasama dengan computerkid) yang diberlakukan
bagi seluruh murid Kelas B dan biayanya sudah termasuk dalam iuran bulanan
sekolah. Sedangkan teknik pelaksanaan ekstrakurikuler ini dilakukan seminggu
sekali selama + 45 menit di dalam waktu/jam sekolah anak. Program ini bertujuan
agar anak lebih mengenal komputer sebagai alat bantu dalam menambah wawasan dan
mendalami konsep-konsep dasar yang telah diperolehnya di kelas. Selain itu
pengenalan teknologi informasi sedini mungkin yang sesuai dengan perkembangan
anak merupakan pertimbangan mengapa program pengenalan komputer ini diadakan.
Ekstrakurikuler Unggulan
Kegiatan ini diarahkan untuk mencapai keunggulan
prestasi dalam kompetisi-kompetisi yang berlangsung di dalam dan atau antar
wilayah. Ekskul ini memiliki sifat berkesinambungan antar jenjang dan atau
antar unit. Dengan demikian program perekrutan peserta, latihan maupun
pembiayaan dilaksanakan secara khusus. Adapun kegiatan yang disediakan pada
jenis ekskul ini adalah vokal.
Ekstrakurikuler Pilihan
Kegiatan ini diadakan untuk memfasilitasi pengembangan
minat & bakat murid. Ekskul pilihan ini dapat diikuti oleh seluruh murid TK
dengan memilih salah satu dari kegiatan yang disediakan dan biayanya sudah
termasuk dalam iuran bulanan sekolah kecuali bahasa Inggris dan Fun Cooking
yang pelaksanaannya bekerjasama dengan lembaga lain dan dikenakan biaya. Untuk
teknik pelaksanaan ekstrakurikuler ini adalah setelah waktu kepulangan anak,
dan akan dimulai pada bulan Juli 2011.
Adapun ekstrakurikuler pilihan yang diadakan tersebut
adalah :
Kelas A :
1. Al-Qur’an
2. Seni Rupa
3. M e n a r i
4. Olah Raga
5. Vokal
Kelas B :
1. Al-Qur’an
2. Menari
3. Vokal
4. Bahasa Inggris (biaya mandiri)
5. Fun Cooking (biaya mandiri)
E. FASILITAS
PAUD Al-Fajar memiliki fasilitas yang terkait dengan
kelancaran dan keefektifan proses belajar mengajar berupa :
Ruang Belajar terdiri dari 3 kelas dengan sirkulasi
udara yang baik
Ruang Observasi
Diadakannya ruang observasi ini diperuntukkan :
1. Bagi orang tua murid yang ingin
melihat kegiatan belajar putra–putrinya di kelas, dalam masalah–masalah yang
membutuhkan pengamatan khusus, yang terlebih dahulu harus membuat perjanjian
dengan tim guru kelas.
2. Bagi guru dari sekolah lain /
instansi pendidikan yang mengadakan studi banding.
Ruang Konstruksi
Di ruang ini murid akan belajar keterampilan khusus yang akan dibutuhkan kelak
di SD yaitu :
1. Mengekpresikan diri dengan membangun
berbagai bentuk balok yang disediakan.
2. Mengklasifikasikan dan memilih
bentuk balok tersebut.
3. Mengikuti peraturan bermain balok
antara lain ; mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya semula,
antri pada saat mengambil dan mengembalikan balok-balok pada tempatnya,
menggunakan balok untuk membangun sesuatu.
Ruang Al Qur’an
Ruang ini untuk pelatihan dan pendalaman pelafalan
awal dalam pengucapan kalimat thoyyibah, surat – surat pendek dan doa – doa
harian.
Lahan Perkebunan
Untuk membangun kepedulian anak terhadap lingkungan,
pada waktu-waktu tertentu, guru bersama anak melakukan praktik menanam :
pohon-pohon/tanaman hias, biji-bijian, merawat tanaman, dll dilahan perkebunan
yang berada di areal PAUD Al-Fajar.
F. TATA TERTIB
a. ETIKA BERPAKAIAN
1.
Siswa
diwajibkan untuk mengenakan pakaian seragam yang telah ditentukan oleh sekolah,
ataupun pakaian-pakaian lain yang ditentukan oleh sekolah dalam suatu kegiatan
tertentu.
2.
Siswa tidak
diperkenankan untuk mengenakan perhiasan secara berlebihan
b. WAKTU BERMAIN DAN BELAJAR
Kelas Mawar (KB) : Senin s/d Jum’at, jam 08.00 – 11.00 WIB
Kelas Anggrek (A) : Senin s/d Jum’at, jam 08.00 –
11.30 WIB
Kelas Teratai (B) :
Senin s/d Jum’at, jam 08.00 – 11.30 WIB
c. MENGANTAR DAN MENJEMPUT ANAK
1.
Anak dapat
diterima di sekolah mulai pukul 07.30 WIB dan latihlah anak agar berangkat
tepat waktu. Paling lambat kedatangan anak ke sekolah lima belas menit sebelum
bel tanda masuk berbunyi.
2.
Orang Tua /
Wali Siswa atau pengantar dapat mengantar anak sampai ke gerbang sekolah, dan
menitipkan anaknya kepada Pendidik PAUD Al-Fajar yang piket.
3.
Orang Tua /
Wali Siswa atau pengantar menjemput anak tepat waktu, sebelum anak keluar dari
kelas maka Orang Tua / Wali Siswa atau penjemput dapat menunggu di luar pagar
halaman sekolah (tidak masuk ke dalam halaman sekolah).
4.
Jika pada
saat kepulangan anak dijemput oleh orang lain, maka Orang Tua / Wali Siswa
wajib memberitahukan kepada Pendidik PAUD Al-Fajar sebelumnya, baik secara
lisan pada saat mengantar pagi hari maupun via telepon.
5.
Batas
penjemputan adalah 30 menit setelah jadwal kepulangan anak. Apabila ada
keterlambatan menjemput dengan alasan yang dapat dibenarkan, maka Orang Tua /
Wali Siswa wajib memberitahukan pada Pendidik PAUD Al-Fajar.
d. MENUNGGU ANAK
1.
Bagi Orang
Tua / Wali Siswa atau pengantar tidak diperkenankan menunggu anak di dalam
kelas, di depan kelas atau di halaman sekolah setelah masa adaptasi berakhir
(maksimum dua minggu).
2.
Orang Tua /
Wali Siswa atau pengantar dapat menunggu anak di teras sekolah, dengan menjaga
ketertiban, kebersihan lingkungan sekolah.
e. KONSULTASI DENGAN PENDIDIK PAUD
1.
Konsultasi
dapat dilakukan dengan Pendidik PAUD Al-Fajar dengan melakukan perjanjian
pertemuan setelah KBM selesai.
2.
Tidak
diperkenankan melakukan konsultasi pada saat KBM berlangsung, untuk menjaga
ketertiban dan tidak melalaikan tugas Pendidik PAUD Al-Fajar.
f. ANAK SAKIT DI SEKOLAH
- Apabila kondisi anak dari rumah sudah sakit, maka sebaiknya anak beristirahat dulu di rumah sampai sembuh, tetapi apabila anak tetap ingin sekolah maka Orang Tua / Wali Siswa wajib memberitahukan kondisi kesehatan anak ke Pendidik PAUD Al-Fajar
- Apabila di sekolah terjadi kecelakaan (misal anak jatuh) maka sebagai tindakan P3K, maka Pendidik PAUD Al-Fajar akan mengobati anak dengan obat ringan yang ada di UKS atau bila perlu akan di bawa ke PUSKESMAS di Kecamatan Menes
g. KEHADIRAN SISWA
Siswa diwajibkan untuk hadir di
sekolah setiap hari. Setiap ketidakhadiran Siswa agar memberitahukan melalui
surat, telpon atau sms kepada Pendidik PAUD Al-Fajar. Pihak Sekolah akan
memberikan teguran kepada Orang Tua / Wali Siswa jika Siswa mempunyai jumlah
ketidakhadiran yang melebihi batas ketidakhadiran yang telah ditentukan.
h. PEMBAYARAN IURAN BULANAN BERMAIN DAN
BELAJAR DAN IURAN LAINNYA
1. Demi kelancaran kegiatan bermain dan
belajar, maka Iuran Bulanan dalam bentuk infaq dibayarkan dari tanggal 1 s/d 10
setiap bulannya.
2. Iuran-iuran lain yang telah
disepakati bersama, wajib dibayarkan sesuai dengan kesepakatan bersama.
i.
DISIPLIN DAN
SANKSI
1. Siswa wajib untuk mentaati semua
peraturan dan tata tertib PAUD Al-Fajar
2. Siswa wajib untuk mengikuti semua
kegiatan dan program bermain dan belajar yang ada di PAUD Al-Fajar, baik
kegiatan indoor dan outdoor (di dalam kelas atau di luar kelas, di dalam area
sekolah maupun di luar area sekolah).
3. Siswa wajib untuk menjaga
ketertiban, memelihara kebersihan semua area sekolah dan diri sendiri
4. Siswa yang dinilai tidak mentaati
peraturan dan tata tertib sekolah akan diberikan teguran lisan, tertulis dan
atau pemanggilan Orang Tua / Wali Siswa
j.
KEGIATAN
YANG MELIBATKAN ORANG TUA / WALI SISWA
1. Semua kegiatan yang melibatkan Orang
Tua / Wali Siswa, maka wajib bagi ayah bunda untuk berpartisipasi dan
meluangkan waktu untuk hadir dan mensukseskan acara yang telah disiapkan oleh
pihak sekolah
2. Orang Tua / Wali Siswa wajib
menghadiri undangan pertemuan yang di selenggarakan oleh pihak sekolah, untuk
kepentingan bersama, kecuali dengan alasan yang dapat dibenarkan.
3. Pengambilan Laporan Perkembangan
Anak akhir semester wajib diambil oleh Orang Tua / Wali Siswa dan tidak dapat
diwakilkan, kecuali dengan alasan yang dapat dibenarkan.
4. Apabila pada hari yang telah
ditentukan Orang Tua / Wali Siswa belum dapat mengambil laporan perkembangan
anak,maka orangtua wajib memberitahu ke Pendidik PAUD Al-Fajar kelas anak dan
mengadakan perjanjian untuk mengambil laporan perkembangan anak, di luar waktu
tersebut.
k. LIBURAN SEKOLAH
1. Siswa diliburkan mengikuti kalender
Pendidikan Nasional, dan pihak sekolah akan mengingatkan Orang Tua / Wali Siswa
melalui buku penghubung.
2. Liburan Akhir semester dan libur
yang bersifat Insidental akan diberitahukan ke Orang Tua / Wali Siswa melalui
buku penghubung paling lambat dua hari sebelumnya.
l.
ULANG TAHUN
Diperkenankan bagi Anak Didik untuk menyelenggarakan
perayaan pesta ulang tahun di sekolah, dan diperkenankan pula untuk menyebarkan
undangan ulang tahun, khusus untuk seluruh Siswa PAUD Al-Fajar.
m. KEGIATAN MENABUNG
1. Siswa dianjurkan untuk mempunyai
tabungan di sekolah yang penyetorannya dapat dilakukan setiap hari dengan
minimal setoran yang telah ditentukan.
2. Uang tabungan Siswa akan
dikembalikan pada setiap akhir semester ke II.
G. KERJASAMA ORANG-TUA
Dalam dunia pendidikan orang tua murid merupakan
komponen pendukung untuk pencapaian keberhasilan program pembelajaran sehingga
tidak dapat diabaikan keberadaannya PAUD Al-Fajar sebagai sekolah yang
senantiasa berusaha mengoptimalisasikan orang tua sebagai sumber belajar yang
akan menentukan kelancaran program pembelajarannya tersebut memiliki
ketentuan-ketentuan dalam melibatkan orang tua murid. Adapun bentuk kerjasama
dan keterlibatan orang tua di PAUD Al-Fajar antara lain :
Apresiasi Orang-tua
Untuk mengembangkan potensi anak secara maksimal
diperlukan apresiasi orang tua murid secara aktif dengan hadir tepat waktu pada
acara :
1. Kunjungan kelas (Open House) yang
akan memberi gambaran lebih jelas mengenai kegiatan murid.
2. Pementasan dan pameran murid yang
bersangkutan.
3. Pertemuan antar orang tua yang
dikoordinasi oleh koordinator kelas/BEOM
4. Acara-acara lain sesuai
pemberitahuan.
Buku Penghubung
Untuk segera menjembatani komunikasi antara guru dan
orang tua murid, disediakan sebuah buku penghubung yang dapat diisi oleh kedua
belah pihak. Namun demikian, pertemuan langsung antara guru dan orang tua murid
lebih diharapkan sering terjadi dengan melalui perjanjian terlebih dahulu.
Evaluasi Bersama
Pada waktu–waktu yang ditentukan kemudian, akan
dilakukan pertemuan khusus antara guru dan orang tua untuk evaluasi kedua belah
pihak secara perseorangan. Dalam kesempatan ini diharapkan akan ditemukan jalan
keluar bagi masalah yang diutarakan kedua belah pihak. Diharapkan timbulnya
usul-usul yang lebih memacu kemajuan bersama.
BEOM
Sebagai wadah koordinasi orang tua murid akan
dibentuklah pengurus Badan Eksekutif Orang Tua Murid (BEOM) yang disusun Yayasan
Bina Danikaya sebagai penanggung jawab dari kegiatan PAUD Al-Fajar. Pengurus
dipilih oleh orang tua murid dari kalangan orang tua murid sendiri. Program
BEOM diharapkan menjadi pendukung program Yayasan atau sekolah, maka konsultasi
antara pengurus BEOM dan Yayasan perlu diadakan.
Peran Serta Orang-tua
1. Kehadiran orang tua / wali atas
permintaan Kepala PAUD atau guru untuk masalah tertentu yang memerlukan
keterlibatan orang tua murid tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.
2. Setiap konsultasi yang ingin
dilaksanakan oleh orang tua murid / wali dengan kepala sekolah, psikolog, dan
guru harus melalui perjanjian yang disampaikan melalui buku penghubung.
3. Para orang tua / wali murid
diharapkan membantu putra-putrinya untuk dapat melaksanakan tata tertib ini
sebaik mungkin.
4. Memotivasi anak di rumah,
menyelaraskan dan mengembangkan kegiatan – kegiatan yang diperoleh dari sekolah
seperti mengulang dan membiasakan putra/inya membaca surat pendek, doa dan
kalimat thoyyibah yang telah dibiasakan di PAUD Al-Fajar
H. SUMBER DAYA MANUSIA ( SDM )
Dalam upayanya menjadikan PAUD
Al-Fajar sebagai PAUD berkualitas yang mendidik siswa/i-nya agar memiliki
kematangan sesuai usianya sebagai persiapan untuk bersekolah ke jenjang yang
lebih tinggi, PAUD Al-Fajar senantiasa berkeinginan untuk selalu konsisten
dalam meningkatkan layanan pendidikan berkualitas yang mengakomodasi tuntutan
globalisasi / masyarakat, maka selain diperlukannya kurikulum pembelajaran
dengan program-program yang beragam dan terarah, Sarana Prasarana yang memadai,
keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal amatlah dibutuhkan.
Sebagai salah satu Satuan Kegiatan pada Yayasan Bina
Danikaya, PAUD Al-Fajar memiliki sumber daya manusia antara lain :
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Keterangan
|
1
|
Dice
Fadiasari
|
Kepala
Sekolah
|
Sedang
Kuliah S-1 PAUD smt-VI
|
2
|
Nurhayati
|
Tutor
Kelas B/ Bendahara Koperasi
|
Sedang
Kuliah S-1 PAI smt-VI
|
3
|
Leni
Marini
|
Tutor
Kober/ Ketua Koperasi
|
Sedang
Kuliah S-1 PAUD smt-VI
|
4
|
Yuyun Yulianti
|
Tutor
Kelas A
|
S-1 PAI
|
5
|
Hani’ah
|
Tutor
Kober
|
Sedang
Kuliah S-1 PAI smt-VI
|
6
|
Liah
Rusliah
|
Tutor Kober
|
Sedang
Kuliah S-1 PAUD smt-VI
|
Profil Guru
Sumber Daya Manusia ( dalam hal ini adalah guru )
adalah faktor penentu berkualitas atau tidaknya suatu sekolah. Dengan prinsip
tersebut sebagai lembaga pendidikan yang didirikan pada tahun 2008, PAUD
Al-Fajar selalu berupaya dalam meningkatkan kualitas para guru; oleh karenanya
sikap profesional, integritas diri, komitmen terhadap tugas serta kompetensi
dalam bidang ilmu merupakan syarat yang utama. Selain itu juga harus menguasai
manajemen kelas dan mampu memilih metode yang tepat didalam kegiatan pembelajaran.
Keinginan belajar dari lingkungan, kreatif dan inovatif merupakan tuntutan
lainnya agar mampu mengikuti perubahan zaman. Dasar pendidikan formal merupakan
landasan awal untuk pengembangan kualitas guru selanjutnya.
Pengembangan Guru
Profesionalisme dan kualitas para guru PAUD Al-Fajar
selalu ditingkatkan melalui berbagai kesempatan mengikuti peningkatan jenjang
pendidikan, peningkatan penguasaan bidang ilmu secara spesifik, peningkatan
pemahaman perkembangan anak dan sebagainya, antara lain dengan :
1. Pelatihan Guru
2. Mengikuti Seminar/Lokakarya/Work
shop baik Nasional maupun Internasional
3. Melanjutkan pendidikan / jenjang
studi yang lebih tinggi
4. Pertemuan atau diskusi bersama
5. Menjadi / mendatangkan narasumber
pada suatu kesempatan
6. Studi Banding / Observasi
7. Magang
8. Karyawisata dan wawasan lintas
budaya.
9. Pembinaan rutin.
10. Menonton dan mengikuti diskusi film,
teater, musik, pameran
11. Kursus-kursus terkait dengan
peningkatan profesionalisme, dan lain-lain
Dengan berkembangnya waktu dan fasilitas yang memadai PAUD
Al-Fajar berharap memiliki guru-guru yang berpotensi sebagai
narasumber/instruktur dalam berbagai bentuk pelatihan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar